Minggu, 17 April 2016

Belajar Dari Manapun

Pengajaran dapat datang dari siapa saja, dari seorang filsuf, pemuka masyarakat, orang orang masyhur, sampai rakyat rakyat jelata maupun mahkluk-makhluk Tuhan lainnya.

Pagi ini, seekor ayam jantan sedang mengais ngais rumput dihalaman, ditengah hujan gerimis, bulu bulunya basah, kokok nya sunyi. Semenjak tadi ayam itu masih saja setia dengan aktifitasnya, biasanya hewan sebangsa unggas ini akan memilih berteduh dari butiran hujan yang menerpa. Namun, ayam itu tetap berusaha dibawah rinai rinainya. Seketika aku merasa iba kepadanya. Aku berjalan kedalam rumah lalu membawa sekepal nasi hangat di genggaman. Kulemparkan nasi itu kearahnya. Ayam itu tersentak kaget seraya menyingkir beberapa langkah, kemudian mendekati gumpalan nasi itu. Satu hal yang membuatku terkejut, sebelum mematuki nasi itu dia sekilas menatapku lalu berkokok ringan senada "Terima kasih"  katanya padaku.

Kadangkala beberapa hal terasa musykil namun benar adanya. Lain waktu ketika kita menatap iring iringan semut di dinding, di tanah, atau dimanapun kamu menjumpainya. Mereka begitu hidup rukun dan tentram. Bergotong royong, bahu membahu dalam sebagian besar urusan. Di lain kesempatan kamu bisa melihat cicak, yang dengan sabarnya, dia menetap di dinding rumah menunggu datangnya mangsa. Lalu suatu waktu ketika dia yang menjadi mangsa, dengan lihai dia mampu menipu pemangsanya.

Begitupun dengan anjing dan kucing. Kedua hewan ini tahu benar cara berterima kasih. Dengan sigap ia akan menjaga rumah majikannya, mengikuti kemana tuannya pergi lalu merengsek manja dikaki majikannya. Amboi, sungguhlah tahu dia caranya membalas budi dengan hanya semangkuk nasi basah dan tulang ikan di dalam piring.

Kawan, berterima kasih serta rasa syukur amatlah penting. Kita dititipi rezeki untuk dibagi. Kita diberikan kesehatan untuk memberi mamfaat. Kita dianugrahi kecerdasan untuk dapat memimpin dan membimbing ke arah yang diridhoi Nya. Hingga pada waktunya nanti kita dapat kembali setelah menebar benih benih yang akan tumbuh menjadi buah buah ranum hingga mampu memberi mamfaat kepada sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar