Senin, 29 Februari 2016

cerita dari kapal pemuda nusantara 2

Cerita dari kapal pemuda nusantara part II


Pada postingan sebelumnya saya sudah mengenalkan tentang apa itu program KPN/LNRPB. Masih ingatkan? Kalau lupa, ayo dibaca lagi.

Jadi, sebelum teman teman menjadi duta duta perwakilan provinsi dalam sail setiap tahunnya, teman teman akan melalui seleksi dulu pada tingkat kabupaten/kota serta provinsi. Hal ini berlaku berbeda beda untuk setiap provinsi. Jika pada seleksi yang saya ikuti kemaren, seleksinya langsung pada tingkat kota dan provinsi. Materi seleksi yang diberikan pun berbeda beda pada setiap provinsi. namun saya akan memberikan gambaran terhadap tahap tahap seleksi yang sudah saya lalui yang diadakan oleh dinas pemuda dan olahraga provinsi Riau. 

Pada tahap seleksi awal, para peserta akan diminta untuk melakukan pendaftara dengan melengkapi dokumen dokumen pendaftaran berupa form yang sudah disediakan panitia serta melengkapi dengan dokumen dokumen yang diperlukan, seperti fotocopy KTP, KK, SKCK, serta dokumen lain dan melampirkan sebuah proposal yang berkaitan tentang kebaharian. Proposal ini nantinya akan dipresentasika pada saat seleksi nantinya. Berkas berkas ini diantarkan langsung ke dispora provinsi sekaligus pendaftaran ulang. Nantinya para peserta yang lulus seleksi administrasi akan dipanggil untuk tahap seleksi selanjutnya yang biasanya memakan waktu 2 sampai 3 hari. Seleksi ini berupa ujian tertulis, psikotes, presentasi proposal per individu, penampulan seni dan budaya khas daerah, ujia fisik berupa lari serta yang ketinggalan ujian renang. Semua ujian tersebut harus dilakukan untuk melihat sejauh mana para peserta siap baik fisik maupun rohani dan skill untuk mengikuti ketika sail nantinya yang dominan berada di tengah samudra. Mental yang dimiliki peserta pun harus kuat sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan selama mengikuti program.

Setelah semua sesi ujian dilaksanakan maka akan diumumkan nama nama peserts sebagai wakil dari provinsi bersangkutan. Namun hal ini belum usai. Para peserta yang terpilih akan dilatih untuk dapat menampilkan kesenian daerahnya/provinsinya sesuai dengan harapan. Penampilan seni ini dapat berupa tari-tarian, syair, silat, debus, dan lain sebagainya yang merupakan corak kesenian khas provinsi masing masing.

Didalam kapal, para perwakilan dari masing masing provinsi akan menampilkan kebolehannya dalam membawakan dan memperkenalkan seni budaya provinsinya kepada wakil wakil pemuda dari seluruh indonesia serta ASEAN dan datsatgas beserta jajarannya. Kebayang kan rasanya? Sesuatu ya... Menari diiringin suara desingan mesin kapal serta oleng kekiri dan kekanan karena hantaman ombak. Pengalaman yang sungguh tak terlupakan.

Pada pos selanjutnya saya akan bercerita tentang perjalanan per rute sail yang kami tempuh selama satu bulan lamanya yang bertemankan ombak, langit biru serta sunset di senja hari dan sunrise yang menghantarkan pagi. Sesuatu tentang nusantaraku 
#30 DWC hari ke 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar