Senin, 29 Februari 2016

cerita dari kapal pemuda nusantara



Hallo kawan kawan :)
Di posting sebelum saya sudah menjanjikan untuk berbagi pengalaman saya selama mengikuti program KPN kepada para pembaca semuanya. Pertama-tama saya mau meperkenalkan dulu, apa sih itu program KPN, udah ada yang tahu? Acung jempol ya kalau udah. Ok, program KPN adalah salah satu program yang diperuntukkan kepada pemuda/i indonesia yang berprogres pada area kebaharian. KPN /LNRPB (kapal pemuda nusantara/ lintas nusantara remaja pemuda bahari) adalah program yanh ditaja langsung oleh Kemenpora RI bekerja sama dengan dispora provinsi untuk menjaring wakil wakil daerah dalam program beskala nasional ini.Jadi selama satu bulan para peserta akan diajak menyusuri keindahan nusantara dengan menggunakan sebuah kapal perang angkatan laut milik indonesia ke rute-rute dan spot yang telah ditentukan. 

Selama mengikuti program KPN/LNRPB ini, peserta juga dibekali dengan ilmu ilmu tentang kelautan, motivasi, ilmu tentang perfotoan dan kamera dan tentunya tentang semangat dan jiwa patriotisme serta bela negara. 

Oh ya, selama mengikuti program sail, kamu adalah duta duta bahari dari provinsi kamu masing masing, jadi, disana kamu akan bertemu dengan teman teman dari seluruh indonesia serta perwakilan pemuda Asean sebagai memperkuat jalinan persahabat. Serta melakukan diskusi diskusi membagai berbagai aspek dan mengenal lebih dekat budaya dari masing masing provinsi di Indonesia dan negara tetangga serta yang tak kalah penting, dengan adanya kegiatan ini yang ditaja langsung oleh dispora RI kita akan mengenal banyak sekali kawasan yang belum dieksplore serta memiliki potensi yang luar biasa, dan diharapkan pemuda/i memiliki rasa bela negara yang semakin tinggi terhadap tanah air imdonesia mampu mengoptimalkan potensi serta jalinan persahabatan yang semakin terjalin dan toleransi antar sesama.

Program KPN dilaksanakan sejak tahun 2009 dan diadakan setiap tahunnya dengan berbagai destinasi sebagai tempat puncak acara per tahunnya, ada yang di bunaken, banda, wakatobi, morotai, komodo, raja ampat, dan yang tahun kemaren sail tomini yang acara puncaknya di parigi moutong, sulawesi tengah. Sail Tomini 2015 ini adalah sail yang saya ikuti selama sebulanan penuh. Dari tanggal 27 agustus-28 september 2015. Rute rute pelayarannya adalah mengelilingi indonesia khususnya pulau kalimantan-sulawesi hingga ke maluku utara.

Mau tahu kisah perjalanan saya mengelilingi nusantara??? Yok ikuti terus kisahnya di postingan selanjutnya :)

#30DWC hari ke 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar