Kamis, 18 Februari 2016

here and know

Here and know

Kawan, pernahkah dirimu berada pada situasi ini?
Saat, dirimu sedang berada diruangan kelas atau perkuliahan dan dosen sedang menjelaskan materi didepan, namun fikiranmu tidak menyatu dengan raga? Maksudnya seperti dua hal yang tak saling berhubungan. Mungkin sebagian kita pernah mengalaminya, ayo ngaku??? Hehe
Dalam situasi seperti ini, apa yang biasanya kamu lakukan? Mungkin akan ada beberapa alternatif jawaban, pertama, kamu akan menatap langit langit ruangan kelas sambil menghayal, kedua, kamu akan mencoret-coret kertas ataupun meja didepanmu, ketiga, kamu mungkin mengesankan ekspresi lugu yang mudah terbaca, lalu, tiba tiba dosen atau gurumu melemparkan pulpen kearahmu,hehe, gak enak banget ya....

Ok, dari pengalaman saya tentang "here" yang berarti disini dan " know" yang berarti tahu, dapat ditarik benang merah bahwa here and know adalah gabungan dua kata yang secara istilah sederhana dapat diartikan dengan mengetahui dan memusatkan fikiran ditempat ia berada, jadi, kalau sedang berada dalam situasi belajar berarti fikiran juga harus berada di ruang belajar jangan ngelantur... Mikirin inilah itulah, jemuranlah, piring kotorlah, malam mingguan lah, haha, jangan, here and know pada tempatnya ya.

Mungkin, timbul pertanyaan? Masa sih kita tak boleh rileks sebentar ? Boleh saja, tentu sangat boleh. Memang sebagian besar kita kadangkala merasa bosan ataupun jenuh dengan proses perkuliahan ataupun situasi kelas yang ada apalagi bila kita mendapat jadwal kuliah di siang hari dengan cuaca panas, tanpa AC, berdesakan, ngantuk dan sejenis lainnya virus dari kuliah siang, namun perlu diingat, ketika otot kita kejang ataupun pikiran kita dilanda kebosanan mungkin kita bisa melakukan sedikit peregangan ataupun sekedar melihat keluar jendela untuk memberikan kesan rilek pada mata dan pikiran, tiba tiba muncul pertanyaan, kalau tidak ada jendela atau jendela kejauhan gimana? Ya coba alternatif lain, kamu bisa bersenandung tanpa bersuara atau melihat disekitarmu, siapa tahu dapat inspirasi, tapu ingat, setelah dapat mood kembali tetap fokus ke materi perkuliahanmu, karena dari pengalaman saya, inti materi itu kadangkala ada ketika kita sedang tidak fokus sehingga bisa bisa lupa saat ujian.

Satu lagi ini saran saya tentang "here and know" ,rajin rajinlah bertanya pada guru atau dosen, bisa diruang kelas, ataupun diluar kelas karena hal tersebut akan sangat membantumu untuk meningkatkan know mu dan here mu akan bermamfaat tidak hanya sebagai pengisi daftar hadir alias absensi.

Ok, sekian dulu ya, semoga semakin faham dengan istilah here and know.
#30DWC hari ke 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar