Minggu, 06 Maret 2016

menjalani hobi bertabur makna


Sering main handphone ? 
Apa saja kegiatan yang dilakukan bila sedang mengutak atik handphone? Apakah hanya sekedar update status terbaru, selfie, mengomentari status atau hanya sekedar membaca gossip terbaru serta menonton youtube atau menghabiskan waktu berjam jam untuk main games kesukaan? 

Main handphone adalah kebiasaan umum masyarakat zaman sekarang dan menjadi hobi sesuai perkembangan zaman. Banyak sekali orang orang khususnya kawula muda menggandrungi alat teknologi terbaru ini. Bahkan sebagian besar orang mempunyai ketergantungan pada media komunikasi ini . saya juga termasuk salah satu penggemar alat ini, bagaimana tidak, rasanya banyak sekali hal hal positif yang ada pada benda kotak kecil ini. Bahkan beberapa teman saya mengatakan, jika tidak memegang hp selama sehari, ada sesuatu yang hilang. Waw… besar sekali pengaruhnya bagi sebagian orang, apakah anda termasuk diantaranya?

Coba deh direnungkan, apa saja kegiatanmu selama sehari? Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk mengutak atik benda ini? berapa besarkah mamfaat yang kamu peroleh selama menggunakan benda ini? Serta coba bandingkan, apa pula dampak negative jika kita terlulu sering bersentuhan dengan alat ini? Coba kawan kawan buat daftar nya deh, yang ini bertujuan untuk melihat sejauh mana ketergantungan kita terhadap handphone. Contohnya, dengan handphone saya dapat berkomunikasi dengan  keluarga serta teman, dengan hp saya juga bisa mendapat informasi terbaru dll. Lalu bandingkan dengan hal yang sebaliknya, karena keasyikan main hp saya jadi malas baca buku, lebih senang berkomunikasi dalam dunia maya dari pada kontak langsung, pengeluaran yang semakin besar untuk akses internet dsb.
seringkali kita menikmati hobi tanpa makna, berjam jam melototi hp, lupa makan dan minum, mengabaikan sekitar, asyik dengan dunia sendiri dan lebih parahnya, sering kita menempatkan kita dalam posisi bahaya ketika kita tidak  bisa mengontrol kesukaan kita ini, contohnya mengemudi sambil teleponan, menyeberangi jalan sambil chatingan, dan hal hal lainnya. Yang bisa saja membahayakan diri kita maupun orang lain. 
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjadikan hobi main handphone ini menjadi keberkahan. Bahkan di zaman yang serba canggih seperti sekarang tak jarang, handphone menjadi pundi pundi penghasilan. Tapi jangan salah penafsiran, pundi pundi disini bukan pundi pundi pada burung ya, hehe. Tapi lebih kepada, bagaimana caranya kita memberdayakan handphone sehingga dapat memberikan utility (mamfaat) yang lebih terhadap penggunanya. Mau tahu caranya? Yuuk mari…

1.Dengan handphone kita bisa memulai usaha, usaha kecil kecilan pun tak mengapa seperti jualan pulsa handphone serta online shop untuk memulai usaha, optimalkan media sosial yan kamu punya untuk promosikan produk yang kamu jual.

2.Berdayakan hp anda untuk mendapatkan informasi  berkualitas, contohnya terkait info sosial, kesehatan, ilmu pengetahuan, beasiswa, caranya tinggal download atau klik halaman yang diinginkan.  jadi tak hanya buka hp apabila ingin ganti foto dp atau buat status baru, apalagi yang galau galauan, udah gak zamannya deh, malu sama kucing, meong 3x

3.Gunakan media komunikasimu sesuai porsinya, yang sedang sedang saja. Mamfaatkan fitur fitur hp sesuai fungsinya. Atur waktu dan tahu waktu ketika menggunakan.

Apapun hobi mu, mari jadikan itu lebih syarat makna dengan memberdayakan usaha kita difalamnya. Jadikan hobi sebagai ladang untuk mengeruk kebajikan.

#30DWC hari ke 21 

5 komentar:

  1. Sarannya sangat berguna, terimakasih mba..
    tetap semangat menulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama, terima kasih telah berkunjung, semoga bermamfaat :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sama sama, terima kasih telah berkunjung, semoga memberi mamfaat :)

      Hapus