Sabtu, 12 Maret 2016

perjuangan meraih mimpi

Assalamualaikum, wr.wb
Apa kabar sahabat semua? Semoga selalu dilimpahi kesehatan oleh Sang Maha Kuasa

Sahabat, jika kita berbicara tentang mimpi, begitu banyak hal yang bisa kita ceritakan. Dimulai dari impian impian sederhana sampai impian impian yang besar yang sudah lama kita dambakan. Walaupun sesungguhnya besar kecilnya suatu impian tidak bisa kita ukur dari konten belaka, semuanya kembali kepada sang pemilik impian. Yaitu ANDA!

Dalam rentang kehidupan yang telah kita jalani, tentu banyak hal yang sudah kita lalui. Mulai ketika kecil kita tertarik pada sesuatu dan secara lantang kita mendeklamasikan didepan kelas bahwa SAYA MAU JADI DOKTER bu guru. Semangat begitu meletup letup keluar dari bibir mungil kita. Dan mungkin sampai sekarang kita masih memiliki mimpi itu maka wujudkanlah mimpi anda.

Sahabat, sejatinya impian adalah hal yang mutlak harus diperjuangkan. Sehingga dia tidak hanya menjadi pemanis bibir dan angan angan belaka. Jika kita memutar memori dari sejak kecil hingga kini, kesimpulan apa yang bisa kita tarik tentang makna impian? Kita mungkin bisa memberikan berbagai opsi jawaban atau mungkin alasan kenapa semuanya terasa lebih sulit dari yang dibayangkan. Jauh berbeda dari angan diwaktu belia. Serta apa masalah kita hingga belum mampu mewujudkannya? Cobalah renungkan wahai sahabat

Kita tentu sering melihat ataupun mendengar orang orang yang mampu meraih apa yang kebanyakan orang inginkan. Kita akan berdecak kagun terhadap mereka, wah hebatnya mereka bisa kesini, bisa kesitu, punya ini, punya itu, sudah ini, sudah itu dan lain sebagainya, Namun, cobalah kita melihat dari sisi yang berbeda, melihat tapak tilas mereka, serta menjadi amat penting bagi kita memahami lika liku yang telah mereka hadapi untuk dapat mencapai keberhasilan sekarang. Adalah tidak baik ketika kita hanya melihat jejak keberhasilan mereka setelah sampai dipuncak tanpa menghiraukan tapak demi tapak yang telah mereka tijakkan. Baik bila kita sering membaca,mengerti, memahami, mencoba, kalau gagal mencoba lagi, jalin komunikasi, persiapkan diri, hargainya potensi diri serta yang utama selalu menyeimbangkan usaha dan doa. Karena mungkin hal tersebutlah yang mengantarkan mereka ke jenjang keberhasilan begitu pula dengan kita.

Setiap kali kita menetapkan impian namun diselingi dengan usaha yang minim maka dapat dipastikan minim pula hasilnya dan pun sebaliknya jika usaha yang kita lakukan sudah semaksimalkan mungkin maka hasil tak akan pernah membohongi proses.

Jika kita tanya satu persatu orang, pasti mereka semua punya mimpi namun tak semua orang mau dan mampu memperjuangkan impiannya.

"Berakit rakit kehulu"
"Berenang renang ketepian"
"Bersakit sakit dahulu"
"Bersenang senang kemudian"

Manisnya hasil didahului oleh pahitnya perjuangan.
Mustahil ketika kita ongkang-ongkang kaki, dari loteng turun segepok uang. Semuanya butuh proses dan proses itu adalah perjuangan.

Ketika saya diberi kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan KPN Sail Tomini 2015, salah satu progran Dispora RI yang berfokus pada sektor kebaharian dimana pesertanya akan mengikuti kegiatan pelayaran dengan KRI untuk menempuh rute keliling nusantara selama sebulan dan semuanya gratissss. saya awalnya tak menyangka saya akan terpilih menjadi salah satu peserta, namun Tuhan maha mendengar setiap doa doa kita, Dia maha pemurah pada setiap hambanya, dan saat kita mau ada saja jalan yang ditunjukiNya untuk kita. Manisnya bagai madu kawan, saya masih ingat betul ketika menjalani proses seleksi, saya harus kalang kabut mempersiapkan materi presentasi proposal, manjadi tutor diri sendiri untuk menampilkan seni dan budaya, mengenderai sepeda motor gelap gelapan karena lampu depan motor yang telah rusak serta melalui jalan yang salah untuk sampai ke tempat tujuan sehingga harus tanya sana sini, searching ini dan itu, pergi pagi pulang malam laly harus begadang. Namun, dari perjuangan itu saya belajar bahwa, tanpa perjuangan itu, mungkin Tuhan belum yakin bahwa saya berhak untuk kesempatan itu, semacam ujian agar Sang Maha Agung yakin bahwa kita layak untuk itu.

Diluar sana, begitu banyak orang orang yang telah berjaya, bahkan diusia muda. Marilah kita mencoba belajar dari mereka, banyak membaca, tanya orang orang yang sudah berhasil, kuatkan niat, barengi usaha dan doa yang serta yakin bahwa kita pasti bisa.

Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapat)

Wassalamualaikum, wr wb .
#30DWC hari ke 27

2 komentar:

  1. Pengalaman yang hebat, semoga bisa menjadi inspirasi untuk banyak orang..

    BalasHapus
  2. Makasih banyak, semoga menginspirasi :)

    BalasHapus