Kamis, 03 Maret 2016

tentang lagu anak anak

Aku adalah anak gembala
Selalu riang serta gembira
Karena aku senang bekerja
Tak pernah malas ataupun lengah

Tralala la la la la
tralala la la la la la la

Setiap hariku bawa ternak
Ke padang rumput,dikaki bukit
Rumputnya hijau,subur
dan banyak
Ternakku makan tak pernah sdikit
Tralala.......

Pernah dengar lagu diatas, sebagian kita mungkin akan menjawab ya.
 Lagu aku akan gembala adalah salah satu lagu anak yang sangat populer di masanya. Menceritakan tentang keriangan anak dalam menjalani harinya, beraktivitas yang menyenangkan dan selalu bergembira.

Atau lirik lagu naik delman sebagai berikut

Pada Hari Minggu ku turut ayah ke kota
Naik delman istimewa ku duduk di muka
Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendarai kuda supaya baik jalannya

Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara s'patu kuda

Dua contoh lagu diatas adalah lagu lagu anak anak yang memberikan aura kegembiraan dan aman bagi anak anak.
Pada zaman sekarang ini, jarang sekali kita menjumpai lagu lagu anak yang mempopulerkan jati diri anak. Kalaupun ada, lagu lagu anak zaman sekarang bergaya lebih dewasa. Hingga anak anak kecil tak jarang kita temukan menyanyikan lagu lagu orang dewasa yang mungkin mereka saja belum tahu maksudnya.

Saya sering mendengar anak anak yang usia nya masih sangat belia menyanyikan lagu lagu dengan konten konten dewasa didalamnya. Belum sepantasnya anak anak menggandrungi hal hal tersebut. Media massa mengambil andil yang sangat signifikan dalam hal ini. Pun sekarang kita sudah jarang mendengar lagu lagu anak tersebut diperdengarkan secara umum di media media massa khususnya televisi. Kita lebih sering dihadapkan pada tayangan maupun siaran siaran lagu yang bertema kegalauan, cinta cintaan, hingga hal hal yang kurang mendidik lainnya yang sudah menjadi umum dikalangan kita.

Coba kita tanya anak anak yang sekarang umurnya dibawah 10 tahun tentang lagu lagu anak anak, jarang mereka yang mengetahui. Tapi kalau disuruh mengikuti lagi di televisi meraka mungkin yang paling hapal.

Anak anak memiliki jiwa polos serta daya serap informasi yang tinggi sehingga info info dalam hal ini lagu sangat mudah hapal oleh mereka, apalagi yang bernada semarak. Ini  akan membentuk pola tingkah laku anak, untuk menganggap hal yang biasa dari lirik lirik yang didengarkannya kepada suatu tingkah laku. Semoga saja kita sebagai kakak, ataupun orang tua maupun guru bisa memberikan pengarahan dengan cara yang bijak agar lebih selektif dalam mengontrol perkembangan si kecil.

#30DWC hari ke 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar