Jumat, 04 Maret 2016

tanggung jawab

Tanggung jawab
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab,menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu bersinggungan dengan komunitas, pribadi manusia itu sendiri serta makhluk yang spritula. Dalam hal ini, ada beberapa tingkatan dari tanggung jawab jika dilihat dari segi kuantitas dan kwalitas manusia :

1. Tanggung jawab pada diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri memiliki arti yang lebih personal. Sederhananya, manusia memiliki tanggung jawab untuk diri pribadi (perseorangan) yang harus dikelola dan dipenuhi. Contohnya, tanggung jawab yang bersifat biologis ,seperti makan,minum, istirahat, olahraga, dsb. Hal ini dibutuhkan manusia dan mutlak harus dilaksanakan sebagai tanggung jawabnya terhadap kelangsungan kehidupannya sendiri. Contoh lain bertanggung jawab pada diri sendiri dalam hal keselamatan adalah menggunakan helm saat berkendara, menaati rambu rambu lalu lintas. Serta mampu mengontrol diri terhadap sesuatu tindakan sesuai porsi yanh wajar juga merupakan tanggung jawab terhadap diri sendiri.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga
Tanggung jawab terhadap keluarga adalah anggota keluarga (ayah, ibu, anak, kakek, nenek dll) mempunyai tanggung jawab terhadap anggota keluarga yang lain serta berusaha untuk mencapai tanggung jawab tersebut dengan melakukan pemenuhan serta usaha. Tanggung jawab dalam keluarga umumnya didasarkan pada posisi seseorang anggota keluarga dalam keluarga. Contoh: ayah bertanggung jawab sebagai kepala keluarga, sosok teladan anak, tulang punggung keluarga, pemberi nafkah. Sebagai ibu maka tanggung jawab yang disandangnya adalah sebagai pelimpah kasih sayang, mengasuh dan menjaga anak, dsb. Sebagai anak, maka tanggung jawabnya adalah patuh, rajin, dan hal hal baik lainnya.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Maksudnya adalah sebagai mahluk zoon politicon, manusia mustahil bisa hidup sendiri. Manusia pasti membutuhkan dan dibutuhkan dalam komunitasnya. Contohmya terhapa lingkungan masyarakat tempat tinggal kita, kita bertanghung jawab untuk mengikuti aturan yang berlaku, berperilaku sesuai tintan norma. Neryanggung jawab untuk tolong menolong, kenal mengenal serta bersilaturahmi anyar sesama. Dalam masyarakat kita juga bertanggung jawab untuk saling menghormati dan menghargai. Tanghung jawab kita falam tatanan kehidupan bermasyarakat didasarkan pada asas kelkeluargaan dan saling memilki.
4. Tanggung jawab terhadap lingkungan alam
Sang Maha pencipta telah dengan sempurnanya mengatur peredaran alam semesta berserta isinya. Sebagai manusia yang ditunjuk sebagai khalifah (pemimpin) di atas bumi, kita bertanggung jawab untuk menjaga serta memamfaatkan apa yang telah diciptakannya dengan sebaik baiknya serta menghindari sifat tamak dan rakus sehingga alam baik itu tumbuhan maupun hewan bisa menjalankan fungsinya masing masing

5. Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Sebagai makhluk beragama dan percaya pada hal hal uang gaib. Sudah sepantasnya manusia bersyukur serta menjalankan tanggung jawabnya terhadap Sang Maha Kuasa. Dengan menjalankan perintahnya serta menjauhi larangannya. Manusia yang disempurnakan dengan sebaik baik bentuk dan menjalankan kehidupan duniawi semata mata sebagai bekal terhadap kehidupan akhirat. Tanggung jawab manusia pada akhirnya nanti adalah mempertanggung jawabkan segala perbuatannya selama di masa hidupnya. Sehingga tanggung jawab manusia terhadap pencipta adalah tanggung jawab dengan tingkatan yang paling tinggi dan fitrah untuj mencapai hakikat yang sesungguhnya dari penciptaan itu sendiri

#30DWC hari ke 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar